PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 15 KOTA TERNATE

Ferdinandus, Astri (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 15 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (132kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (289kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB)

Abstract

Astri Ferdinandus, 2024. Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas IV SD Negeri 15 Kota Ternate. Pembimbing Suhardi Abdullah, S.Pd., M.Hum dan Anwar Marasabesy, S.Pd., G.r., M.Pd Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Cooperative learning Tipe Picture and picture dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV di SD Negeri 15 Kota Ternate 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Cooperative learning Tipe Picture and picture dalam pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 15 Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi yang mengacu pada model Arikunto. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 15 Kota Ternate di kelas IV yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan perolehan hasil belajar. Pada siklus I terdapat 6 siswa yang mencapai nilai KKM dengan presentase 33,33% dan 12 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan presentase 66,66%, aktivitas guru 70,52% dan aktivitas siswa 73,75%. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dimana terdapat 14 siswa yang mencapai nilai KKM dengan presentase 77,77% dan 4 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan presentase 22,22%, aktivitas guru 97,89% dan aktivitas siswa 95%. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 15 Kota Ternate membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat dinyatakan berhasil. Kata kunci : hasil belajar model cooperative learning tipe picture and picture

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:47
Last Modified: 19 Sep 2025 06:47
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5432

Actions (login required)

View Item View Item