MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF, INOVATIF, DAN PRODUKTIF (KIP) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING

Wulandary, Dinda Eka (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF, INOVATIF, DAN PRODUKTIF (KIP) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (40kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (165kB)

Abstract

Dinda Eka Wulandary, 2024. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Model Pembelajaran Kreatif, Inovatif, dan Produktif Berbantuan Media Mind Mapping (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kota Ternate). Pembimbing Kodrat Hi. Karim, S.Pd.,M.Pd, dan Selvi Wulandari, S.Pd.M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses dan hasil kemampuan membaca pemahaman dengan model KIP berbantuan media Mind Mapping pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kota Ternate. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun instrumen yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi pembelajaran guru dan aktivitas belajar siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa proses pembelajaran membaca pemahaman dimulai dengan menyiapkan perangkat pembelajaran, memastikan siswa siap belajar, membagikan LKPD, mengerjakan LKPD, mempresentasikan LKPD, dan menyelesaikan tes individu. Adapun hasil kemampuan membaca pemahaman pada materi menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas dengan model KIP berbantuan media Mind Mapping pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kota Ternate mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah 26 siswa yang mengikuti tes pada pembelajaran siklus I terdapat 13 siswa (50%) yang tuntas dengan nilai rata-rata mencapai 59,23. Selanjutnya pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan 14 siswa (61%) yang tuntas dengan nilai rata-rata mencapai 75,043. Adapun aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 93% dan aktivitas siswa mencapai nilai rata-rata 89,47%, sedangkan aktivitas guru pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 100% dan aktivitas siswa mencapai nilai rata-rata 93,43%. Kata Kunci: membaca pemahaman, Mind Mapping, model KIP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:47
Last Modified: 19 Sep 2025 06:47
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5435

Actions (login required)

View Item View Item