Herman, Fahria (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA SISWA KELAS II SD NEGERI 52 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version Download (111kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (90kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (171kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (86kB) |
Abstract
Fahria Herman, 2024, Penerapan Model Pembelajara Disrect Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Kelas II SD Negeri 52 Kota Ternate. Pembimbing. Kodrat Hi. Karim S.Pd., M.Pd, dan Asri S. Tamalene S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1) Mengetahui proses penerapan model model direct instructon dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas II SD Negeri 52 Kota Ternate. (2) Meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas II SD Negeri 52 Kota Ternate dengan menggunakan model direct instruction. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu: (1) Perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 52 Kota Ternate. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) Observasi, (2) Tes,dan (3) Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data yang telah di kumpulkan akan di analisis secara klasikla maupun individu. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana siswa kelas II SD Negeri 52 Kota Ternate menggalami peningkatan hal tersebut dapat dilihat pada siklus I ketuntasan siswa sebesar (43%), 6 siswa yang tuntas dari 14 siswa yang, dengan nilai rata-rata siswa 58%. Sedangkan pada siklus II menunjukan ketuntasan siswa sebesar (86%) sebanyak 12 siswa yang tuntas dari 14 siswa, dengan nilai rata-rata siswa mencapai 82%. Adapun aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74%, dan aktivitas siswa mencapai nilai rata-rata 62%. Sedangkan aktivitas guru pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 89% dan aktivitas siswa mencapai nilai rata-rata 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran direct instructon dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II SD Negeri 52 Kota Ternate. Kata Kunci: Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana, Model Pembelajaran Direct Instruction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 05:02 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 05:02 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |