PERAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MUATAN IPA MATERI EKOSISTEM KELAS V DI SDN 1 MAREKU

S. Imam, Farida (2024) PERAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MUATAN IPA MATERI EKOSISTEM KELAS V DI SDN 1 MAREKU. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (140kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (232kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (224kB)

Abstract

Farida S. Imam, 2024. Peran Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Muatan IPA Materi Ekosistem Kelas V di SDN 1 Mareku. Dibimbing oleh pembimbing 1 dan pembimbing 2 Eko Purnomo, S.Pd., M.Pd dan M. Irfan Hasanuddin, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran literasi digital terhadap hasil belajar peserta didik pada muatan IPA materi ekosistem kelas V di SDN 1 Mareku serta untuk mengetahui kelemahan literasi digital terhadap hasil belajar peserta didik pada muatan IPA materi ekosistem kelas V di SDN 1 Mareku. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yang terdiri dari 1 wali kelas V dan 3 peserta didik kelas V SDN 1 Mareku yang dipilih melalui random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui triangulasi data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa baik guru maupun peserta didik memiliki pemahaman yang baik tentang literasi digital dan memanfaatkan teknologi seperti infocus, wifi, dan chromebook dalam pembelajaran. Teknologi ini digunakan untuk mengakses informasi dengan cepat, membuat konten pembelajaran yang menarik, dan memfasilitasi komunikasi yang efektif. Penggunaan teknologi juga mendorong kreativitas, keberanian, dan partisipasi aktif peserta didik. Dilihat dari nilai hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM 70 menunjukkan bahwa literasi digital dapat meningkatkan hasil belajar. Namun, kelemahan literasi digital ditemukan pada koneksi internet yang tidak stabil, listrik yang tiba-tiba padam, dan penggunaan teknologi yang tidak terkontrol oleh guru atau orang tua, yang dapat menyebabkan peserta didik menggunakan perangkat tersebut untuk kegiatan yang kurang produktif seperti bermain game atau mengakses konten yang tidak sesuai seperti situs-situs dewasa. Kata Kunci : Peran Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:03
Last Modified: 22 Sep 2025 05:03
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5464

Actions (login required)

View Item View Item