EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Muhaena, Abdurahim (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of 3. COVER.pdf] Text
3. COVER.pdf - Published Version

Download (253kB)
[thumbnail of 7. ABSTRAK.pdf] Text
7. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (195kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (323kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB)

Abstract

Abdurahim Muhaena, 2023, Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning dan Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Pembimbing Hernita Pasongli S.Pd., M.Pd. dan Muhammad Ikhsan, S.Si., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model Problem Based Learning dan model Think Pair Share di kelas XI IPS MAN Pulau Taliabu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN Pulau Taliabu 20 orang siswa 6 putra dan 14 putri. Desain dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan peningkatan kemampuan berpikir kritis, hasil angket menunjukan persentase 54% pada siklus I pertemuan pertama dan 64% pada pertemuan kedua. Kemudian hasil angket kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus II menunjukan adanya peningkatan dengan Persentase 76% pada pertemuan pertama dan 92% pada pertemuan kedua. Hal ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik siklus II, terlihat bahwa kamampuan berpikir kritis didik sudah bisa dikatakan meningkat, karena peserta didik sudah dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis dan juga sudah mampu mengevaluasi berbagai sudut pandang sebelum mengambil keputusan. Penerapan model problem based learning dan think pair share pada mata pelajaran geografi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, peningkatan dapat diketahui dari hasil belajar peserta didik pada siklus I yang tuntas 5 orang dengan persentase 25%. Sedangkan yang tidak tuntas 15 orang siswa dengan persentase 75%. Hasil posstest menunjukan bahwa pada siklus I, terlihat bahwa aktivitas siswa masih mengalami hambatan. dalam menyimak orientasi mengenai cakupan materi yang diberikan hal ini yang menyebabkan hanya sedikit siswa yang dapat menjawab soal. Namun pada siklus II siswa sudah menyimak materi dengan baik oleh karena itu banyak siswa yang mempu menjawab soal yang diberikan. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Think Pair Share (TPS), Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QE Geografi
Q Science > QE Geografi
Divisions: > Pendidikan Geografi
> Pendidikan Geografi
> Pendidikan Geografi
Pendidikan Geografi
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:03
Last Modified: 22 Sep 2025 05:03
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5468

Actions (login required)

View Item View Item