Saleh, Fidyah (2024) PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA TEMA 7 SUBTEMA 4 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 52 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER FIDYAH SALEH.pdf - Published Version Download (95kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (90kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (175kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (93kB) |
Abstract
Fidyah Saleh, 2024. Penerapan Model Direct Instruction Pada Tema 7 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi Berbantuan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 52 Kota Ternate. Pembimbing Dr. Ridwan Jusuf, S.Pd.,M.Pd dan Eko Purnomo S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model direct instruction dan hasil penerapan model direct instruction pada tema 7 subtema 4 perkembangan teknologi transportasi berbantuan media powerpoint dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 52 Kota Ternate. Penelitian menggunakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas), melibatkan 21 siswa dan guru kelas III sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, Dokumentasi dan tes hasil belajar siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model direct instruction dalam meningkatkan hasil belajar siswa terlihat aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran berlangsung dan mengajukan pertanyaan. Analisis hasil tes pemahaman individu dengan KKM 65, dari 21 siswa terdapat 8 siswa yang tuntas atau mencapai nilai KKM pada siklus I dengan persentase 38% dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan 17 siswa yang tuntas dengan persentase 81%, aktivita guru 86% dan aktivitas siswa 85%. Berdasarkan penjelaskan di atas dapat ditarik kesimpulan model direct instruction berbantuan media power point dapat membantu siswa meningkatkan minat belajar dan partisipasi dalam pembelajaran dan terjadi peningkatan pada setiap siklus. Hambatan yang diidentifikasi kurangnya media yang susai dengan model sehingga siswa cepat bosan. Kata Kunci: Hasil belajar siswa, direct instruction, powerpoint
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 05:03 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 05:03 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |