MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA 4 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF, INOVATIF, PRODUKTIF (KIP) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III/A SDN 2 Kota Ternate)

Widiyani, Fitri (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA 4 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF, INOVATIF, PRODUKTIF (KIP) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III/A SDN 2 Kota Ternate). Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (21kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (334kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB)

Abstract

Fitri Widiyani, 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema 4 Menggunakan Model Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Produktif (KIP) Berbantuan Media Power Point (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III/A SDN 2 Kota Ternate). Dibimbing oleh Dr. Ridwan Jusuf, S.Pd., M.Pd dan Sukria Ahsan, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari menggunakan model pembelajaran KIP berbantuan media power point dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III/A SDN 2 Kota Ternate. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing siklusnya terdiri dari 4 tahapan yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III/A SDN 2 Kota Ternate, yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 17 laki-laki dan 15 perempuan. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada aspek kognitif siklus I terdapat 20 siswa yang tuntas dengan persentase 67% yang artinya mencapai nilai KKM dan 10 siswa belum mencapai standar KKM, dengan persentase 33%. Aspek kognitif siklus II mengalami peningkatan, yakni terdapat 25 siswa yang mencapai nilai KKM dengan persentase 85% dan 4 siswa lainnya belum mencapai standar KKM, dengan persentase 15%. Aspek afektif siklus I diperoleh rata-rata 83,125%, berada pada kategori baik sekali dan siklus II diperoleh rata-rata 91,66% berada pada kategori baik sekali. Begitu pula, pada aspek psikomotorik siklus I diperoleh rata-rata 72,16%, berada pada kategori baik dan siklus II diperoleh rata-rata 80,37%, berada pada kategori baik sekali. Sedangkan, pada aktivitas guru siklus I diperoleh persentase 100% dan siklus II diperoleh persentase ketuntasan 100%. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh persentase 94,28%, dan siklus II diperoleh persentase 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa di siklus II telah berhasil memperoleh hasil yang lebih baik. Sehingga model pembelajaran KIP berbantuan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III/A SDN 2 Kota Ternate Pada Subtema 4. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran KIP

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:03
Last Modified: 22 Sep 2025 05:03
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5478

Actions (login required)

View Item View Item