PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 KOTA TERNATE

La Sigo, Hajriani (2024) PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER SKRIPSI.pdf] Text
A. COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (174kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (266kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (76kB)

Abstract

Hajriani La Sigo, 2024: Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri 2 Kota Ternate, Pembimbing Wahid Umar S.Pd.,M.Pd dan Darmawati Hadi S.Pd.,M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual berbantuan komputer pada siswa kelas II SD Negeri 2 Kota Ternate. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas II dengan jumlah 25 orang terdiri dari laki-laki 13 orang dan perempuan 12 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan dua cara yaitu peningkatan dan ketuntasan hasil belajar siswa secara individual dan untuk menghitung presentase hasil aktivitas siswa dan guru. Berdasarkan analisis data dapat di simpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan siklus I ke siklus II, dimana siklus 1 di peroleh ketuntasan belajar sebanyak 10 siswa (40%) dengan rata-rata 65,6, aktivitas Guru 71,6% dan aktivitas siswa 69%. kemudian pada siklus II di peroleh ketuntasan belajar sebanyak 20 siswa (80%) dengan rata-rata 88,8, aktivitas guru meningkat menjadi 95% dan aktivitas siswa 94%. Berdasarkan hasil presentase di atas dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan komputer dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas II SD Negeri 2 Kota Ternate. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Komputer, Perkalian, Peningkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:04
Last Modified: 22 Sep 2025 05:04
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5492

Actions (login required)

View Item View Item