Ajim, Hawa (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIFISIONS ) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 40 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (95kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (91kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (168kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (223kB) |
Abstract
Hawa Ajim, 2024 Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model STAD (Student Team Achievmen Divisions ) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate.pembimbing Pamuti S.Pd.,M.Si dan Eko Purnomo S.Pd., M .Pd., Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate menggunakan model STAD (Student Team Achievmen Divisions ) Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dan jenis Penelitianya Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate, yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 15 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Prosedur pengumpulan data adalah dari (Tes awal ) dan( tes akhir), observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan model STAD (Student Team Achievmen Divisions). dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS. Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 7 siswa yang mencapai nilai sesuai indikator keberhasilan dan standar KKM dari sekolah, dengan presentase 28 %, sementara 18 siswa dinyatakan belum mencapai nilai standar KKM dengan presentase 72%. Hal ini pula terjadi pada aktivitas guru (58,33%) dan aktivitas siswa (55%). Kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu terdapat 21 siswa mencapai nilai standar KKM dengan presentase 84 %, dan 4 siswa yang belum mencapai nilai sesuai standar KKM dari sekolah, dengan presentase 16 %. Hasil aktivitas guru pun meningkat menjadi (98%), dan aktivitas siswa meningkat menjadi (92,5%). Simpulannya, bahwa penggunaan model STA D (Student Team Achievmen Divisions ) dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate. Kata Kunci: Peningkatan, hasil belajar ,STAD, IPAS
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 05:05 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 05:05 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |