PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIFISIONS ) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 40 KOTA TERNATE

Ajim, Hawa (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIFISIONS ) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 40 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (95kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB)

Abstract

Hawa Ajim, 2024 Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model STAD (Student Team Achievmen Divisions ) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate.pembimbing Pamuti S.Pd.,M.Si dan Eko Purnomo S.Pd., M .Pd., Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate menggunakan model STAD (Student Team Achievmen Divisions ) Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dan jenis Penelitianya Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate, yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 15 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Prosedur pengumpulan data adalah dari (Tes awal ) dan( tes akhir), observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan model STAD (Student Team Achievmen Divisions). dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS. Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 7 siswa yang mencapai nilai sesuai indikator keberhasilan dan standar KKM dari sekolah, dengan presentase 28 %, sementara 18 siswa dinyatakan belum mencapai nilai standar KKM dengan presentase 72%. Hal ini pula terjadi pada aktivitas guru (58,33%) dan aktivitas siswa (55%). Kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu terdapat 21 siswa mencapai nilai standar KKM dengan presentase 84 %, dan 4 siswa yang belum mencapai nilai sesuai standar KKM dari sekolah, dengan presentase 16 %. Hasil aktivitas guru pun meningkat menjadi (98%), dan aktivitas siswa meningkat menjadi (92,5%). Simpulannya, bahwa penggunaan model STA D (Student Team Achievmen Divisions ) dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 40 Kota Ternate. Kata Kunci: Peningkatan, hasil belajar ,STAD, IPAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: > Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
> Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 22 Sep 2025 05:05
Last Modified: 22 Sep 2025 05:05
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5496

Actions (login required)

View Item View Item