PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN 52 Kota Ternate)

Savi Tarate, Mira Sari (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN 52 Kota Ternate). Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (102kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf] Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of F. BAB I.pdf] Text
F. BAB I.pdf - Published Version

Download (393kB)
[thumbnail of K. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB)

Abstract

Mira Sari Savi Tarate, 2024: Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate. Di bimbing oleh Bapak Anwar Marasabessy, S.Pd. Gr., M.Pd (Pembimbing I), dan Ibu Dwi Widyastuti Nurharyanto, S.Pd., M.Pd (Pembimbing II) Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate pada muatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Ternate dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada muatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 52 Kota ternate dengan jumlah siswa 13 siswa yang terdiri dari 7 laki-laki dan 6 perempuan. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskripsit Kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes siswa pada siklus I jumlah nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 53,07% dengan jumlah 13 siswa, siswa yang tuntas terdapat 2 siswa (15,39%) dan siswa tidak tuntas yaitu 11 siswa (84,61%). Untuk Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 36 dengan jumlah persentase (69,23%) dan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 28 dengan jumlah persentase (53,84%). Dan hasil tes siswa pada siklus II jumlah nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 73,03% dengan jumlah siswa 13 siswa, siswa yang tuntas terdapat 11 siswa (84,61%) dan siswa tidak tuntas terdapat 2 siswa (15,39%). Untuk aktivitas guru pada siklus II memperoleh skor 45 dengan persentase keberhasilan (86,53%) dan untuk aktivitas siswa pada siklus II memperoleh skor 43 dengan persentase (82,69%). Berdasarkan hasil presentasi di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 52 Kota ternate Kata Kunci : pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Siswa PKn

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:52
Last Modified: 23 Sep 2025 02:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5521

Actions (login required)

View Item View Item