S La Ruda, Rubiyanto (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 48 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (64kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf - Published Version Download (11kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf - Published Version Download (181kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (144kB) |
Abstract
Rubiyanto S La Ruda, 2024. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahan Konsep Penjumlahan Pada Siswa Kelas II SD Negeri 48 Materi Konsep Penjumlahan Kota Ternate. Dibimbing oleh Bapak Dr. Wahid S.Pd, M.Pd dan Ibu Selvi Wulandari S.Pd, M.Pd Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 48 Kota Ternate berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Instrumen Tes. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yaitu (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, respon guru dan peserta didik dan efektifitas terhadap perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika pada materi konsep penjumlahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada para ahli untuk mengetahui kelayakan produk dan angket yang diberikan kepada guru dan peserta didik untuk mengetahui kemenarikan produk yang dikembangkan, dokumentasi serta tes berupa soal pretest dan posttest untuk melihat keefektifan perangkat pembelajaran melalui perhitungan menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika pada materi konsep penjumlahan di SD Negeri 48 Kota Ternate memperoleh hasil skor sebesar 80% dengan kriteria sangat valid, layak digunakan, respon guru memperoleh hasil skor rata-rata 93,33% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan keefeketifan perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika pada materi konsep penjumlahan di SD Negeri 48 Kota Ternate memperoleh hasil perhitungan dengan uji N-Gain sebesar 0,38 dengan kategori sedang. dan persentase sebesar 38%. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di di SD Negeri 48 Kota Ternate. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran Etnomatematika Pengembangan Konsep Penjumlahan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 05:48 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 05:48 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |