PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS IV SD NEGERI 91 HALMAHERA SELATAN

Samad, Rusmiyati (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS IV SD NEGERI 91 HALMAHERA SELATAN. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (103kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of F. 1 BAB I.pdf] Text
F. 1 BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB)

Abstract

Rusmiyati Samad, 2024. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Audio Visual Dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Tema 6 Subtema 2 Kelas IV SD Negeri 91 Halmahera Selatan. Dibimbing Oleh: Bapak Suhardi Abdulllah, S.Pd.,M,Hum Selaku Pembimbing I Dan Ibu Risna Srinawati S.Pd.I., M.Pd Selaku Pembimbing II Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan media audio visual, dan mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran langsung dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 91 Halmahera Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Urutan kegiatan Penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang di laksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 91 Halmahera Selatan dengan Jumlah siswa 13 orang yang terdiri dari 4 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Audio Visual dan model Pembelajaran Langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siklus I menunjukkan ketuntasan siswa sebesar 31% atau 4 siswa yang tuntas dan 9 siswa yang belum tuntas dari 13 siswa yang mengikuti proses pembelajaran berlangsung di kelas dengan jumlah rata-rata 64. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa sebesar 76,9% atau 10 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang belum tuntas dari 13 siswa yang mengukuti proses pembelajaran dengan jumlah rata-rata 77. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa menggunakan Model Pembelajaran Langsung dan Media Audio Visual ini dapat menigkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 91 Halmahera Selatan yang di lihat dari hasil siklus I dan siklus II. Dari pencapaian selisih persentase siklus I dan siklus II adalah 40,31% Kata Kunci: Hasil Belajar, Audio Visual, Pembelajaran Langsung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 23 Sep 2025 05:48
Last Modified: 23 Sep 2025 05:48
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5546

Actions (login required)

View Item View Item