UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU MEDIA EMAZE KELAS IV DI SD NEGERI 48 KOTA TERNATE

Rahayu, Wulan (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU MEDIA EMAZE KELAS IV DI SD NEGERI 48 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (131kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (109kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (224kB)

Abstract

Wulan Rahayu. 2024. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Emaze Kelas IV Di SD Negeri 48 Kota Ternate. Pada tahun ajaran 2024 -2025 dibawah bimbingan Eko Purnomo, S.Pd., M.Pd dan Risna Srinawati, S.Pd.I., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media emaze dan meningkatkan keaktifan belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media emaze pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 48 Kota Ternate. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 48 Kota Ternate yang berjumlah 18 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus melakukan 1 kali pertemuan. Metode analisis pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes angket. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatakan Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media emaze ini dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dari nilai rata-rata siswa yaitu 59,92% pada siklus I dan meningkat menjadi 78% pada siklus II. Maka penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantu media emaze untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri 48 Kota Ternate dinyatakan berhasil. Kata Kunci: Keaktifan Belajar Siswa, Jigsaw, Media Emaze

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 24 Sep 2025 00:27
Last Modified: 24 Sep 2025 00:27
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5568

Actions (login required)

View Item View Item