Yusup, Jumitha , (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI SELF-EFFICACY (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII-8 SMP Negeri 2 Kota Ternate). Sarjana thesis, Universitas Unkhair.
![]() |
Text
CAVER.pdf - Published Version Download (108kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK Indonesia dan Inggris.pdf - Published Version Download (89kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (234kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (230kB) |
Abstract
Jumitha Yusup, 2023. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi Ditinjau dari Self-Efficacy (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII-8 SMP Negeri 2 Kota Ternate). Di bawah bimbingan Ibu Dr. Marwia Tamrin Bakar, S.Pd., M.Pd., dan Bapak Dr. Soleman Saidi, S.Pd., M.Si. Kemampuan pemahaman matematis (KPM) sangat berkaitan dengan self efficacy (SE) dalam memahami suatu materi pembelajaran, jika siswa sudah memahami materi maka siswa akan yakin atau percaya diri untuk mengerjakan soal-soal pada materi yang akan diberikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan KPM siswa yang memiliki SE tinggi, sedang, dan rendah pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 2 Kota Ternate. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa angket SE, tes soal KPM, wawancara, dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket SE, tes soal KPM, wawancara. Seluruh data kemudian dianalisis melalui 4 tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, triangulasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 10 siswa (33,33%) memiliki SE yang tinggi, 13 siswa (43,33%) memiliki SE yang sedang, dan 7 siswa (23,33%) memiliki SE yang rendah. Siswa yang memiliki KPM tinggi sudah mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman matematis, sedangkan siswa yang memiliki KPM sedang sudah mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman matematis, namun belum maksimal karena, ada beberapa soal yang kurang tepat dalam mengerjakannya, dan siswa yang memiliki KPM rendah hanya mampu memenuhi indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika (tabel, grafik, diagram, sketsa, model matematika, atau cara lainnya), serta salah dalam mengerjakan beberapa soal tes kemampuan pemahaman. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Self-Efficacy
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QA Matematika Q Science > QA Matematika |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:50 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:50 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |