A. Muhammad, Narisa (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI POLINOMIAL (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas XII SMA Al-Khairaat Siko Kota Ternate Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Unkhair.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (182kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (250kB) |
![]() |
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (360kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (241kB) |
Abstract
Narisa A. Muhammad, 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Pada Materi Polinomial (Penelitian Pada Siswa Kelas XII MIPA SMA Al-Khairaat Siko Kota Ternate Tahun Ajaran 2023/2024) Di Bawah Bimbingan Dr. H. In Hi. Abdullah, S.Pd., M.Si dan Diah Prawitha Sari S.Pd., M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan: 1. Mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa pada materi polinomial setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. 2.Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan representasi matematis siswa pada materi polinomial setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Desain penelitian ini menggunakan one grup pretest posttest Desaign. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas XII-MIPA SMA Al-Khairaat Siko Kota Ternate Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 12 siswa yang terbagi dalam 5 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Pencapaian kemampuan representasi matematis siswa kelas XII-MIPA SMP Negeri 2 Kota Ternate setelah diterapkan pembelajaran pendekatan kooperatif tipe two stay two stray pada materi polinomial diperoleh kategori “Sangat Tinggi” sebanyak 6 siswa dengan presentase 50%, kategori “Tinggi” sebanyak 1 siswa dengan presentase 8,33%, kategori “Sedang” sebanyak 4 siswa dengan presentase 33,34%, dan kategori “Kurang” sebanyak 1 siswa dengan presentase 8,33. 2) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa kelas XII Mipa Al-Khairaat Siko Kota Ternate setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Materi Polinomial diperoleh 6 siswa (50%) dengan interpretasi tinggi, 5 siswa (41,67%) dengan interpretasi sedang, dan 1 siswa (8,66%) dengan interpretasi rendah. 3) Dari hasil rata-rata pretest dan posttest siswa kelas XII MIPA SMA Al-Khairaat Siko Kota Ternate terlihat bahwa nilai rata-rata postest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pretest siswa. Untuk secara keseluruhan nilai rata-rata peningkatan kemampuan representasi matematis siswa pada materi polinomial sebesar 0,70 dengan interpretasi sedang. Berdasarkan dua uji tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan yang dialami siswa kelas XII MIPA SMA Al-Khairaat Siko Kota Ternate setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Materi Polinomial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QA Matematika Q Science > QA Matematika |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:51 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:51 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |