PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGITIGA SIKU-SIKU ( Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Tidore Kepulauan Tahun Ajaran 2023/2024)

Rahman, Putri (2024) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGITIGA SIKU-SIKU ( Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Tidore Kepulauan Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (316kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (313kB)

Abstract

Putri Rahman, 2024. Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Siku-Siku. Pembimbing Dr. Karman La Nani, S.Pd., M.Si. dan Dr. Marwia Tamrin Bakar, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa SMP Negeri 2 Kota Tidore Kepulauan kelas VII-1 pada materi segitiga siku-siku. 2) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa SMP Negeri 2 Kota Tidore Kepulauan kelas VII-1 pada materi segitiga siku-siku. 3) Penerapan pendekatan kontekstual secara segnifikan dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi segitiga siku-siku. Penelitian kuantitatif ini menjadikan 21 siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Kota Tidore Kepulauan sebagai sampel. Data kemampuan koneksi matematis dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes serta dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Kemampuan koneksi matematis siswa SMP Negeri 2 Kota Tidore Kepulauan Kelas VII-1 setelah diterapkan pembelajaran pendekatan kontekstual pada materi segitiga siku-siku diperoleh 13 siswa mencapai sangat baik, 7 siswa kategori baik dan 1 siswa pada kategori cukup. 2) Terdapat 8 siswa (38,095%) dengan peningkatan kemampuan koneksi matematis dengan interprestasi tinggi, 10 siswa (47,619%) dengan interprestasi sedang, dan 3 siswa ( 14,285%) dengan interperstasi rendah. 3) Penerapan pendekatan kontekstual secara segnifikan dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi segitiga siku-siku. Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Koneksi Matematis, Segitiga Siku-Siku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Fakultas > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:51
Last Modified: 24 Sep 2025 02:51
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5611

Actions (login required)

View Item View Item