Umasugi, Yuliyana (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI DITINJAU DARI TINGKAT KECEMASAN (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII MTs Darul Falah Kota Ternate Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Unkhair.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (25kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf - Published Version Download (167kB) |
![]() |
Text
F. 1. BAB I.pdf - Published Version Download (201kB) |
![]() |
Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (329kB) |
Abstract
Yuliyana Umasugi, 2024. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Ditinjau dari Tingkat Kecemasan Di Kelas VIII MTs Darul Falah. Pembimbing Fitriana Eka Chandra S.Pd., M.Pd. Dan Dr. Karman La Nani S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa kelas VIII MTs Kota Ternate dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan Volume Bangun Ruang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Intrumen tes yang digunakan adalah 51 butir soal tentang identifikasi kesulitan menyelesaikan soal yang telah divalidasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darul Falah Kota Ternate sebanyak 31 siswa sebagai subjek penelitian. Dari 31 siswa tersebut kemudian di pilih 3 siswa sebagai perwakilan subjek penelitian berdasarkan kategori kesulitan matematika (tinggi, sedang dan rendah) untuk diwawancarai. Hasil identifikasi deskriptif menunjukkan bahwa terdapat siswa dengan kategori tingkat kecemasan tinggi sebanyak 13 siswa, 9 siswa dengan tingkat kecemasan sedang, selanjutnya siswa dengan kategori rendah sebanyak 9 siswa dengan tingkat kecemasan rendah. operasi (kesalahan operasi). Kesalahan yang diakukan siswa kelas VIII MTs Darul Falah Kota Ternate dalam menyelesaikan soal matematika pada materi volume yaitu meliputi: 1). Kesalahan fakta yang dilakukan oleh SP-4 dan SP-25 pada butir soal 1, SP-25 butir soal 1 dengan kesalahan yaitu, salah dalam menuliskan simbol dalam menyelesaikan soal. 2). Kesalahan konsep yang dilakukan SP-4 butir soal 1, SP-19 butir soal 1 dan SP-25 butir soal 1 dengan kesalahan yaitu tidak dapat menuliskan rumus dengan benar dan tidak memahami konsep operasi. 3). Kesalahan operasi yang dilakukan SP-19 dan SP-25 pada butir soal 1 dengan kesalahan ait, salah dlam melakukan perhitungan, salah dalam menyelesaikan soal, tidak tepat dalam menghitung hasil operasi. Kata Kunci: Kesulitan Menyelesaikan Soal, Numerasi pada Materi Volume bangun ruang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QA Matematika Q Science > QA Matematika |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Fakultas > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:52 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:52 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |