KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN SENI MELUKIS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD TERPADU ALKHAIRAAT TERNATE

Wahab, Rusmita (2024) KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN SENI MELUKIS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD TERPADU ALKHAIRAAT TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (45kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf - Published Version

Download (22kB)
[thumbnail of F. 1. BAB I.pdf] Text
F. 1. BAB I.pdf - Published Version

Download (169kB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB)

Abstract

Rusmita Wahab, 2023. Kreativitas dalam Meningkatkan Kreaktivitas seni Melukis Pada Anak di PAUD Terpadu Alkhairaat Ternate, Pembimbing: Nurhamsa Mahmud, S.Pd.,M.Pd dan Winda Oktaviani S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kreaktivitas seni menulis pada anak di Paud Terpadu Alkhairaat Ternate. Latar belakang dari penelitian ini adalah permasalahan melukis anak kurang kreaktif, anak cenderung pasif fan diam. Metode penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pedekatan deskriptif subyek dalam penelitian ini sebanyak 2 guru di Paud Terpadu Alkhairaat Ternate. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis sata terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam meningkatkan kreaktivitas seni menulis dengan 5 indikator yakni: 1) Menggambar Sesuai Pola: anak sudah mampu menggambar dan bisa mengikuti apa yang diperintahkan oleh guru tersebut. 2) Melakukan eksplorasi dengan media dan kegiatan menggambar: anak dengan cepat mau melukis, anak dengan senang hati dan bergembira melakukan aktifitas melukis tersebut. 3) Rasa Ingin Tahu yang Luas dan Mendalam: Anak selalu meminta pendapat guru mengenai warna yang dipilihnya. 4) Bebas dalam Menyatakan Pendapat: Anak selalu bertanya kepada gurunnya ketika hasil gambarnya kurang tepat. 5). Mempunyai Daya imajinasi: anak selalu melukis apa yang dia pikirkannya, ketika guru menyuruh anak menggambar apel maka anak tersebut menggambarnya sesuai yang dia pikirkannya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu anak sudah menggambar sesuai dengan polanya, anak sudah mampu melakukan eksplorasi dengan media, anak memiliki rasa ingin tahu yang mendalam dalam ketika melukis, anak bebas dalam menyatakan pendapat dengan melukisnya, dan anak mampu berimajinasi dalam melukis. Kata Kunci: Peran Guru, Seni Lukis, PAUD Terpadu Alkhairaat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 30 Sep 2025 00:52
Last Modified: 30 Sep 2025 00:52
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5681

Actions (login required)

View Item View Item