UPAYA MENINGKTKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN BOWLING ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BINA GENERASI DESA POPILO KECAMATAN TOBELO UTARA

Rasid, Sakinah S. (2024) UPAYA MENINGKTKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN BOWLING ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BINA GENERASI DESA POPILO KECAMATAN TOBELO UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (117kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (122kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (241kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB)

Abstract

Sakinah S. Rasid. 2024. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Bowling Angka pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Bina Generasi Desa Popilo Kecamatan Tobelo Utara. Pembimbing: Bahran Taib S.Psi, M.Si dan Umikalsum Arfa, S.Pd., M.Pd Kemampuan mengenal lambang bilangan adalah suatu bentuk kesanggupan anak dalam mengenal dan mengetahui simbol yang melambangkan banyaknya benda Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal lambing bilangan 1-10 melalui permainan bowling angka pada anak usia 4-5 tahun di TK Bina Generasi Tobelo Utara. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak angka pada anak usia 4-5 tahun di TK Bina Generasi Tobelo Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok A yang berusia 4-5 tahun TK Bina Generasi yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus berlangsung selama 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal lambing bilangan 1-10 meningkat setelah adanya tindakan melalui permainan bowling angka. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa anak yang memiliki kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 berkembang sangat baik adalah 6.67%. Pada Siklus I meningkat menjadi 26,67% dan pada Siklus II telah mencapai indicator keberhasilan, yaitu 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui permainan bowling angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di TK Bina Generasi Tobelo Utara. Kata Kunci: kemampuan mengenal lambing bilangan,permainan bowling angka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 30 Sep 2025 23:53
Last Modified: 30 Sep 2025 23:53
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5703

Actions (login required)

View Item View Item