Parasaja, Susan (2024) ANALISIS PERILAKU PROSOSIAL ANAK KELOMPOK B DALAM KEGIATAN BERMAIN FUN COOKING DI TK AISYIYAH 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (127kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf - Published Version Download (144kB) |
![]() |
Text
F. 1 . BAB I.pdf - Published Version Download (228kB) |
![]() |
Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (224kB) |
Abstract
Susan Parasaja, 2024. Analisis Perilaku Prososial Anak Kelompok B Dalam Kegiatan Bermain Fun Cooking Di TK Aisyiyah 1 Kota Ternate, Pembimbing: Umikalsum Arfa, S.Pd., M.Pd dan Rita Samad, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku prososial anak kelompok B dalam kegiatan bermain fun cooking di TK Aistitah 1 Kota Ternate, dan bagaimana perilaku prososial anak kelompok B dalam kegiatan bermain fun cooking. Metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif subjek dalam penelitian sebanyak 45 orang anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku prososial anak kelompok B dengan 4 indikator yakni: 1) berbagi dengan orang lain; terdapat 2 anak dari 45 anak yang belum memiliki sikap berbagi dengan orang lain ketika fun cooking ( anak menggunakan alat masak sendiri sebelum diarahkan oleh guru, dan keterbatasan alat alat masak yang membuat anak-anak menggunakan alat masak itu sendiri ). Indikator 2) bersikap kooperatif dengan teman; terdapat 4 anak belum bersikap kooperatif dengan teman (karena anak yang masih bingung cara memasak dan membuat makanan). Indikator 3) Menghargai hak atau pendapat atau karya orang lain; terdapat 3 anak dari 45 anak yang belum menghargai hak atau pendapat atau karya orang lain ( anak menolak ajaran teman saat diajarkan dan diarahkan, cara mengupas buah dan lebih memilih membuat sendiri. Dalam masalah ini guru juga memiliki cara untuk menanamkan sikap menghargai ide atau masukan orang lain). Dan indikator 4) Mengetahui perasaan teman dan merespon secara wajar; terdapat 5 anak dari 45 anak yang belum mengetahui perasaan teman dan merespon secara wajar (anak tidak merespon bahkan tidak peduli dengan kegiatan memasak, sehingga anak belum memiliki kepedulian). Dalam menyikapi hal ini, guru tetap bersikap optimis untuk mengajarkan dan menanamkan sikap yang prososial saat belajar maupun bermain. Kata Kunci: Perilaku Prososial, Fun Cooking, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QM PG-Paud Q Science > QM PG-Paud |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan PG Paud Fakultas > Pendidikan PG Paud Fakultas > Pendidikan PG Paud |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:41 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 01:41 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5711 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |