Buamona, Fatmawati (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJ ARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA TAKALINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN OPERASI PERKALIAN SISWA KELAS III SD NEGERI 15 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (227kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (176kB) |
![]() |
Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (362kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (251kB) |
Abstract
Fatmawati Buamona, 2024. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Takalintar Untuk meningkatkan Pemahaman Operasi Perkalian Kelas III SD NEGERI 15 Kota Ternate Pada Muatan Matematika. Pembimbing Pamuti, S.Pd., M.Si dan Dr. Ridwan Jusuf, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil pemahaman perkalian siswa kelas III SD Negeri 15 Kota Ternate. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian di lakukan selama dua siklus. Masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini di lakukan di SD Negeri 15 Kota Ternate di kelas III yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil pemahaman operasi perkalian siswa. Hal ini di buktikan dengan adanya peningkatan perolehan hasil pemahaman siswa. Pada tahap siklus I terdapat 9 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasa Minimal (KKM) dengan persentase 40,90% dan 13 orang yang belum mencapai Kriteria Ketuntasa Minimal (KKM) dengan persentase 59,10%, aktivitas guru 72% dan aktivitas siswa 70,66%. Kemudian pada siklus II hasil pemahaman operasi perkalian siswa mengalami peningkatan dimana 16 siswa yang mencapai dengan jumlah persentase 72,72% dan 6 siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasa Minimal (KKM) dengan persentase 27,27%, aktivitas guru meningkat menjadi 94,66% dan aktivitas siswa 92%. Dengan ini dapat di simpulkan bah wa penggunaan model Discovery Learning berbantuan media Takalintar untuk meningkatkan pemahaman operasi perkalian siswa kelas III SD Negeri 15 Kota Ternate pada muatan Matematika lebih aktif belajar dan meningkatkan hasil pemahaman perkalian siswa dan dapat dinyatakan berhasil. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Media Takalintar, Hasil Pemahaman Operasi Perkalian Siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:41 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 01:41 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5722 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |