PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA TOLKAMA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR PERKALIAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 15 KOTA TERNATE PADA MATEMATIKA

silayar, Sardila (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA TOLKAMA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR PERKALIAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 15 KOTA TERNATE PADA MATEMATIKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (220kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB)
[thumbnail of E. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
E. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (193kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (334kB)

Abstract

Sardila silayar 2023. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Tolkama Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 15 Kota Ternate Pada Muatan Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun Ternate. Dibimbing oleh Dr. Ridwan Jusuf, S.Pd.,M.Pd Sebagai Pembimbing I dan Kodrat Hi. Karim, S.Pd.,M.Pd Sebagai Pembimbing II. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menekankan pada peningkatan, praktik dan proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Siswa dengan menggunakan Model PBL berbantuan Media Botol Perkalian Matematika (Tolkama). Objek penelitian ini adalah kelas II SDN 15 Kota Ternate sebanyak 20 siswa dengan menggunakan 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman konsep dasar perkalian siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL) dan Media Tolkama. Pada tahap siklus I terdapat 7 siswa yang mencapai KKM dengan persentase 35% dan 13 siswa yang tidak mencapai nilai KKM dengan persentase 65%. Kemudian pada siklus II 17 siswa yang mencapai KKM dengan persentase 85% dan 3 siswa yang tidak mecapai KKM dengan jumlah persentase 15%. Hal ini berarti bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Tolkama mampu meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 15 Kota Ternate. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Media Tolkama, Konsep Dasar Perkalian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:53
Last Modified: 02 Oct 2025 06:53
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5752

Actions (login required)

View Item View Item