MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 2 KOTA TERNATE PADA SUBTEMA 2 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Kasudaha, Suryanti S. (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 2 KOTA TERNATE PADA SUBTEMA 2 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (92kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK.pdf] Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (98kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (204kB)
[thumbnail of J. DAFTAR  PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB)

Abstract

Suryanti S. Kasudaha, 2024: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 2 Kota Ternate Pada Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Di bimbing oleh Bapak Suhardi Abdullah S.Pd.,M.Hum (Pembimbing I), dan Bapak Asri Tamalene, S.Pd.,M.Pd (Pembimbing II) Tujuan penelitian ini adalah Bagaimana Penggunaan Model pembelajaran Discovery Learning di Kelas III SD Negeri 2 Kota Ternate Pada Subtema 2 Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia, dan untuk mengetahui dalam penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 2 Kota Ternate Pada Subtema 2 Pertumbuhan dan perkembangan Manusia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Kota ternate dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tekhnik pegumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata presentase yaitu 37,32% dengan jumlah siswa tuntas 3 siswa (12%) dan siswa tidak tuntas yaitu 22 siswa (88%) untuk aktivitas guru yaitu 63,88% dan aktivitas siswa 61,11%. Sedangkan pada tes ketuntasan belajar siswa pada siklus II dengan nilai rata-rata presentase yaitu 67,84% dengan jumlah siswa tuntas yaitu 21 siswa (84%) dan siswa tidak tuntas yaitu 4 siswa (16%) untuk aktivitas guru 90,27% dan aktivitas siswa 86,11%. Berdasarkan hasil presentase diatas dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada subtema 2 pertumbuhan dan perkembangan mansuia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 2 Kota Ternate. Kata kunci : Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa Subtema 2

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science
Q Science
Q Science > QL Pgsd
Q Science > QL Pgsd
Divisions: Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Fakultas > Pendidikan Pgsd
Depositing User: Rini R. Thalib
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:54
Last Modified: 02 Oct 2025 06:54
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5755

Actions (login required)

View Item View Item