DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINIEAR DUA VARIABEL DI TINJAU DARI GENDER PADA SISWA MTs. ALKHAIRAAT MADAPOLO

La Ode Nuru, Maulidin (2024) DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINIEAR DUA VARIABEL DI TINJAU DARI GENDER PADA SISWA MTs. ALKHAIRAAT MADAPOLO. Masters thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A.SAMPUL.pdf] Text
A.SAMPUL.pdf - Published Version

Download (311kB)
[thumbnail of D. ABSTRAK.pdf] Text
D. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (296kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (339kB)
[thumbnail of G. DAFTAR  PUSTAKA.pdf] Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (118kB)

Abstract

Maulidin La Ode Nuru,2024,Disposisi berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Liniear Dua variabel di tinjau dari gender Pada siswa Mts.A lkhairaat madapolo,Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas KhairunTernate, Dibawah Bimbingan Dr. H. In Hi. Abdulah S.Pd.M.Si, Dr. Hery Suharna S.Pd. M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis disposisi berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) ditinjau dari aspek gender pada siswa kelas VIII di MTs. Alkhairaat Madapolo. Disposisi berpikir kreatif matematis mencakup kemampuan siswa untuk mengidentifikasi masalah dari berbagai sudut pandang, mengemukakan ide-ide orisinal, serta mencari solusi yang inovatif dan efisien. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini untuk menggali secara mendalam perbedaan disposisi berpikir kreatif antara siswa laki-laki dan perempuan. Penelitian deskriptif ini menjadian 30 siswa sebagai subyek yang diklasifikasi atas 18 gender laki-laki dan 12 gender perempuan. Data dikumpulkan melalui instrumen tes dan non tes. Instrumen tes adalah soal SPLDV disusun berdasarkan indikator yang telah melalui uji validitas. Instrumen non tes berupa angket disposisi berpikir kreatif matematis, pedoman wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif untuk menggambarkan klasifikasi disposisi berpikir kreatif matematis dan kemampuan siswa menyelesaikan soal SPLDV ditinjau secara keseluruhan dan gender, analisis inferensial menguji perbedaan kemampuan menyelesaikan soal SPLDV berdasarkan gender dan ditinjau dari klasifikasi disposisi berpikir reatif matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1). terdapat 23,33% siswa dengan disposisi berpikir kreatif matematis dalam klasifikasi tinggi, 63,33% siswa dalam klasifikasi sedang, dan 13,33% dalam klasifikasi rendah, serta disposisi berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTs. Alkhairaat Madapolo dalam klasifikasi sedang; (2) ditinjau berdasarkan gender laki-laki, terdapat 5,55% dengan disposisi berpikir kreatif matematis dalam klasifikasi tinggi, 77,78% klasifikasi sedang, dan 16,67% dengan klasifikasi rendah; (3) ditinjau dari gender perempuan, terdapat 50% dengan disposisi berpikir kreatif matematis dalam klasifikasi tinggi, 41,67% dengan klasifikasi sedang dan 8,33% dalam klasifikasi rendah; (4) kemampuan menyelesaikan soal SPLDV mencapai 69,83% dalam klasifikasi sedang, ditinjau dari gender kemampuan menyelesaikan soal SPLDV siswa laki-laki mencapai 61,83% dalam klasifikasi sedang dan siswa perempuan mencapai 81,75% dalam klasifikasi tinggi; (5) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menyelesaikan soal SPLDV antara gender laki-laki dan perempuan; (6). Disposisi berpikir kreatif matematis berpengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV; dan (7) terdapat hubungan positif antara disposisi berpikir kreatif matematis dengan kemampuan menyelesaikan soal SPLDV. Kata Kunci: Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Siswa, Kemampuan Menyelesaikan Soal SPLDV, gender laki-laki dan perempuan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Matematika
Q Science > QA Matematika
Divisions: Fakultas > Pascasarjana Pendidikan Matematika
Fakultas > Pascasarjana Pendidikan Matematika
Fakultas > Pascasarjana Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:08
Last Modified: 09 Oct 2025 02:08
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5922

Actions (login required)

View Item View Item