Kamarullah, Milda (2024) ANALISIS EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI KEBIJAKAN ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DALAM PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA (DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN HALMAHERA SELATAN). Masters thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.
|
Text
1. COVER.pdf - Published Version Download (28kB) |
|
|
Text
3. ABSTRAK BHS INDONESIA DAN INGGRIS.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text
7. BAB 1.pdf - Published Version Download (227kB) |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (303kB) |
Abstract
Milda Kamarullah: Analisis Efektivitas dan Evisiensi Kebijakan Online Single Submission (OSS) Dalam Pelayanan Perizinan Berusaha (Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Halmahera Selatan), dengan pembimbinh Amran Husen dan Chalid Ahmad Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis bagaimanakah efektifitas dan efisiensi Sistem Online Single Submission (OSS) dari Ketepatan Sasaran Program, Sosialisasi Program, Pencapaian Tujuan Program dan Pemantauan Program Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu, serta untuk mendiskripsikan dan menganalisis apa faktor pendukung dan faktor penghambat efektivitas serta efisiensi dari Ketepatan Sasaran Program, Sosialisasi Program, Pencapaian Tujuan Program dan Pemantauan Program dalam pelayanan perizinan melalui Sistem Online Single Submission (OSS) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Halmahera Selatan. Hasil analisis menemukan efektifitas dan efisiensi Sistem Online Single Submission (OSS) dari Ketepatan Sasaran Program pada aspek indek kepuasan masyarakat selama 2019-2023 menunjukkan peningkatan. Aspek pelayanan umum juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Temuan penelitian secara keseluruhan melalui sistem OSS sangat memudahkan pelaku usahan dalam mengurus ijin usaha, yang dapat dilakukan kapan dan di mana saja dengan sangat mudah, cepat dan murah. Dari hasil analisi menunjukkan baik dari sisi terget dan realisasi sebelum dan setelah diberlakukannya sistem OSS terjadi peningkat yang signifikan baik dari sisi jumlah investor maupun jumlah investasi yang terus meningkat. Temuan penelitian efektifitas dan efisiensi Sistem Online Single Submission (OSS) dari ketepatan Pemantauan Program menunjukkan artibut efisiensi; keandalan; bantuan untuk masyarakat; maupun kepercayaan sudah memiliki kualitas yang baik. Ditemuakan faktor pendukung dan penghambat iantaranya faktor infrastruktur, yaitu atribut Kelancaran Pelayanan dan Ketepatan Waktu Pelayanan memiliki skor kepentingan yang termasuk tinggi dibandingkan dengan yang lainnya namun memiliki skor kinerja yang paling rendah. Faktor Budaya Birokrasi, yaitu faktor SDM. Atribut Ketanggapan Customer service, Kecepatan jawaban Customer service, Pengetahuan Customer Service, dan Kepercayaan pada Customer service masuk pada kuadran A yaitu memiliki skor kepentingan yang tinggi namun skor kinerjanya masih rendah. Kata Kunci: Efektivitas dan Efisiensi Penerapan OSS
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas > Pascasarjana Manajemen Fakultas > Pascasarjana Manajemen Fakultas > Pascasarjana Manajemen |
| Depositing User: | Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 01:15 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 01:15 |
| URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

