IMPL MENTASI STRATEGI DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRCTICES DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KELURAHAN SELI KECAMATAN TIDORE

Abdurrahman, Sukmawati (2023) IMPL MENTASI STRATEGI DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRCTICES DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KELURAHAN SELI KECAMATAN TIDORE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS KHAIRUN.

[thumbnail of A. COVER.pdf] Text
A. COVER.pdf - Published Version

Download (104kB)
[thumbnail of C. ABSTRAK, ABSTRACK.pdf] Text
C. ABSTRAK, ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (89kB)
[thumbnail of E. BAB I.pdf] Text
E. BAB I.pdf - Published Version

Download (166kB)
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Strategi Developmentally Appropriate Practices Dalam Pembelajaran Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kelurahan Seli Kecamatan Tidore. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian pada Kepala Sekolah dan 2 guru. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka bahwa strategi yang digunakan guru dalam menerapkan keterampilan sosial anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal adalah menambah metode dalam strategi berbasis proyek, strategi bercerita, strategi bernyanyi. Strategi-strategi dalam bentuk metode tersebut diterapkan untuk keterampilan sosial anak, supaya anak mampu berkomunikasi, mampu bermain dengan teman sebayanya, taat terhadap peraturan, membangun kerja sama, berinteraksi, bersosialisasi. Sikap kepedulian anak (empati) kepada temannya, terjalin hubungan akrab dengan temannya, dan merespon.Faktor pendukung dalam menerapkan keterampilan sosial kepada anak seperti (1) ketersediaan media pembelajaran yang bervariasi, (2) pendekatan dan pengawasan guru kepada anak seperti guru membimbing dan mengawasi anak baik dalam kelas maupun diluar kelas. Kemudian faktor penghambat dalam menerapkan keterampilan sosial adalah adanya sebagian anak masih malu untuk berkomunikasi baik kepada guru maupun kepada temannya, sehingga anak lebih suka menyendiri. Kata kunci: Implementasi, Developmentally Appropriate Practices (DAP), keterampilan sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QM PG-Paud
Q Science > QM PG-Paud
Divisions: Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Fakultas > Pendidikan PG Paud
Depositing User: Unnamed user with email rinirthalib1988@gmail.com
Date Deposited: 04 Nov 2025 23:33
Last Modified: 04 Nov 2025 23:33
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/6410

Actions (login required)

View Item View Item