PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CCDRS (CONDITION, CONSTRUCTION, DIVILOPMENT, SIMULATION, REFFLECTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PADA KONSEP LIKUIFAKSI

DARMAN, LA (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CCDRS (CONDITION, CONSTRUCTION, DIVILOPMENT, SIMULATION, REFFLECTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PADA KONSEP LIKUIFAKSI. Sarjana thesis, Universitas Khairun.

[thumbnail of a. cover.pdf] Text
a. cover.pdf - Published Version

Download (199kB)
[thumbnail of c. ABSTRAK LA DARMAN.pdf] Text
c. ABSTRAK LA DARMAN.pdf - Published Version

Download (212kB)
[thumbnail of e. BAB I.pdf] Text
e. BAB I.pdf - Published Version

Download (423kB)
[thumbnail of j. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
j. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (326kB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran CCDSR (condition, construction, development, simulation, reflection) untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa pada konsep likuifaksi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment). One grup pretest-posttest (tes awal-tes akhir pada kelompok tunggal) yang diterapkan pada 30 orang mahasiswa semester I tahun ajaran 2020/2021 Program Studi Pendidikan fisika FKIP Universitas Khairun yang tersebar di dua kelas A dan kelas B. Masing- masing kelas diberikan perlakuan yang sama. Penerapan model pembelajaran CCDSR menunjukkan bahwa KPS mahasiswa pada kelas A dengan skor perolehan tertinggi 3,00 dengan nilai 77,14% berada pada kriteria tinggi, dan memiliki skor terendah 2,11 dengan nilai 61,29% berada pada kategori sedang, dengan nilai rata-rata N-Gain 0,53 dengan kriteria sedang. Penerapan model pembelajaran CCDSR pada kelas B memberikan dampak peningkatan pada KPS siswa dengan skor perolehan tertinggi 3,22 dengan nilai 74,36% berada pada kriteria tinggi, dan memiliki skor terendah 2,11 dengan nilai 65,52% berada pada kategori sedang, dengan nilai rata-rata N-Gain 0,54 dengan kriteria sedang. Mahasiswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran CCDSR dengan nilai rata-rata 80,1% dengan kategori sangat kuat dan 81,7% untuk kelas B dengan kategori sangat kuat. Implikasi penelitian ini adalah model pembelajaran CCDSR dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada mahasiswa calon guru fisika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Fisika
Q Science > QC Fisika
Divisions: Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Fakultas > Pendidikan Fisika
Pendidikan Fisika
Depositing User: Yurni Naser
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:23
Last Modified: 14 Feb 2023 03:24
URI: http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/2833

Actions (login required)

View Item View Item