Marsaoly, Tuti A. (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI DI KELAS VIII MTs NEGERI 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (105kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (268kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (168kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (239kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada konsep usaha dan energi dengan menggunakan model pembelajaran Think Pairs Share. Penelitian ini mengikuti rancangan one group pretest and posttest dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksakan dengan model pembelajaran Think Pairs Share, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kategori sedang untuk kelas VIII-1 dan VIII-2 dengan rata-rata N-Gain 53,39 dan 48,06. Peengujian normalitas di kelas VIII-1 diperoleh data X2 hitung X 2 tabel atau 5,99 21,026 dengan dk 12 dan di kelas VIII-2 diperoleh data X2 hitung X 2 tabel atau 3,99 19,657 dengan dk 11 dan taraf signifikasi (α) 0,05 atau 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa data kelas VIII-1 dan VIII-2 berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dan hasil menunjukka thitung < ttabel atau 1,26 2,021. Dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada penerapan model pemeblajaran Think Pairs Share di kelas VIII-1 dan VIII-2. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pairs Share konsisten dalam penerapannya di kelas. Kata kunci: Hasil belajar siswa, Think Pairs Share (TPS)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Fisika Q Science > QC Fisika |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Fisika Fakultas > Pendidikan Fisika Fakultas > Pendidikan Fisika Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 05 May 2025 05:49 |
Last Modified: | 05 May 2025 05:49 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/4925 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |