DJAINAHU, FITRIA (2024) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KOTA TERNATE. Sarjana thesis, Universitas Khairun.
![]() |
Text
A. COVER.pdf - Published Version Download (145kB) |
![]() |
Text
C. ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf - Published Version Download (160kB) |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (217kB) |
Abstract
Fitria Djainahu, 2024. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Learning Start With A Question (LSQ) Kelas IV SD Negeri 1 Kota Ternate. Pembimbing Darmawati Hady, S.Pd., M.Pd dan Wawan Suprianto Nadra S.Pd., M .Pd Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan metode Learning Start with a Question dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 1 Kota Ternate, (2) setelah menggunakan Learning Start with a Question dapat mengetahui besar peningkatan dalam keterampilan berbicara pda siswa kelas IV SD Negeri 1 Kota Ternate. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumblah 27 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 15 perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Learning Start with a Question. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Tagart (Somadayo) yang meliputi: (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan/observsi (4) refleksi yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari penerapan metode Learning Start with a Question dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siklus I ketuntasan siswa sebesar 44 % sebanyak 12 siswa yang tuntas dari 27 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumblah nilai rata-rata pada siklus I adalah 52 % sedangkan pada siklus II menunjukan ketuntasan siswa sebesar 74,% sebanyak 20 siswa yang tuntas dari 27 siswa yang mengikuti pembelajaran di kelas dengan jumblah nilai rata-rata 79 %. Dengan demikian dapat dilihat penggunaan metode Learning Start with a Question pada mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 1 Kota Ternate. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Metode Learning Start With a Question
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QL Pgsd Q Science > QL Pgsd |
Divisions: | Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd Fakultas > Pendidikan Pgsd |
Depositing User: | Unnamed user with username yurni |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 06:24 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 06:24 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5257 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |