Bubu, Tasya TMS (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MTs NEGERI 2 TIDORE KEPULAUAN PADA MATERI GERA. Sarjana thesis, Universitas Unkhair.
![]() |
Text
COVER.pdf - Published Version Download (15kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (104kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (14kB) |
Abstract
Tasya TMS Bubu 2024. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir kritis Siswa MTs Negeri 2 Tidore Kepulauan Pada Materi Gerak. Pembimbing Bapak Dr. Nasrun Balulu, S.Pd., M,Si dan Ibu Dr. Hj. Mardia Hi. Rahman S.Pd ., M.Pd Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA pada materi gerak kelas VIII MTs NEGERI 2 Tidore Kepulauan (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil keterampilan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi gerak kelas VIII MTs NEGERI 2 Tidore Kepulauan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan desain penelitian Education Research And Development (R & D) Borg & Gall. Produk yang dikembangkan berupa RPP, LKPD dan lembar penilaian KBK. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, validasi, tes uraian dan observasi. Analisis hasil validasi menggunakan statistik percentage of agreement (R) di atas 75%. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata reliabelitas RPP dengan persentase 89,7%, LKPD sebesar 90,3%, lembar penilaian (LP) soal KBK sebesar 89,15%. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dan reliabel dengan kategori sangat baik, oleh karena itu perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa hasil pengembangan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Dari hasil uji coba terbatas memperoleh hasil N-Gain 0,48 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis validitas, reliabilitas, dan efektifitas maka perangkat pembelajaran secara keseluruhan dapat dikatakan layak diimplementasikan dalam pembelajaran. Kata kunci: perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, validitas, gerak
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science Q Science Q Science > QC Fisika Q Science > QC Fisika |
Divisions: | > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rini R. Thalib |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 05:03 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 05:03 |
URI: | http://digilib.unkhair.ac.id/id/eprint/5463 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |